<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d28922767\x26blogName\x3dOrang+Indonesia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLACK\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://yamadhipati.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://yamadhipati.blogspot.com/\x26vt\x3d6831795234875758538', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Monday, February 11, 2008

AHMADIYAH: AGAMA BARU

Nama adalah penanda. Nama juga adalah definisi. Seseorang tidak bisa mengaku atau disebut sebagai muslim jika tidak terdapat ciri dan sarat keislaman pada dirinya. Seorang air marshall yang setiap hari naik pesawat untuk menjaga keamanan tidak bisa disebut pilot. Apalagi seseorang yang setiap harinya bekerja di sawah. Jika air marshall tiba-tiba mengaku sebagai pilot dan memaksa untuk menerbangkan pesawat dengan alasan setiap hari ikut terbang, maka semua orang akan protes. Ia harus dihentikan dari kegilaanya karena bisa mencelakakan banyak orang. Jika ia tetap mengaku sebagai air marshall lalu melakukan improvisasi dalam melaksanakan tugasnya maka tidak akan terlalu banyak orang yang protes sepanjang dia tetap konsentrasi pada tugasnya menjaga keamanan selama penerbangan.

Jika seseorang mengingkari salah satu keyakinan pokok dalam Islam, apakah dia bisa disebut muslim? Tentu saja tidak bisa. Jika ada orang tidak percaya bahwa nabi terkahir adalah Muhammad, maka dia tidak bisa disebut sebagai muslim. Demikian juga kalau ada orang yang tidak mengakui ketuhanan Jesus, maka dia tidak boleh mengaku sebagai seorang kristen. lalu, bolehkah seseorang mengingkari ketuhanan Jesus? Bolehkan seseorang mengingkari bahwa nabi terakhir adalah Muhammad? Jawabannya juga boleh. Bahkan membuat agama baru juga boleh boleh saja.


Tidak ada paksaan dalam beragama

Tidak ada paksaan dalam beragama. Artinya, seseorang boleh memilih untuk menjadi muslim, kristen, hindu dan sebainya. Siapapun boleh tidak mempercayai ketuhanan Jesus. Tapi akal sehat tidak mengijikannnya untuk mengaku sebagai seorang kristen. Begitu pula halnya dengan orang yang tidak mengakui bahwa nabi terakhir adalah Muhammad, dia tidak boleh mengaku sebagai muslim. Tapi pengingkaranya tetap diperbolehkan.

Apa yang salah pada ajaran ahmadiyah? Yang salah adalah pengakuan para pengikutnya bahwa mereka adalah muslim. Adapun pengingkaran mereka terhadap khatmu al nubuwwah adalah hak mereka. Demikian juga kepercayaan mereka terhadap kenabian Mirza Ghulam Ahmad. Mereka berhak atas keyakinan dan kepercayaan mereka. Termasuk jika mereka memiliki hukum-hukum syari'ah yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.


Khatmu al nubuwwah adalah ketetapan yang harus diyakini oleh setiap muslim. Tidak akan ada nabi lagi setelah Muhammad SAW. Tak akan ada seorangpun muslim yang berakal dan jujur mengingkari dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Muhammad saw. adalah nabi terkahir. Konsekuensinya, jika ada orang yang meyakini bahwa ada manusia setelah muhammad saw. diutus untuk menjadi nabi, maka orang tersebut tidak bisa disebut sebagai muslim. Meskipun orang tersebut beribu-ribu kali mengaku sebagai muslim dan melaksanakan sholat.

Jadi konteks ayat Laa Ikraaha Fi al Diin adalah dalam memilih agama dan keyakinan. Bukan kebebasan mencampuraduk agama dan kepercayaan. Mencampuradukkan keyakinan dan agama bukan saja dilarang oleh Tuhan, tapi juga menyakiti dan mengganggu orang lain. bahkan ia bisa merupakan pelecehan dan penistaan terhadap agama.

Menurut Dr. Thoha Al Dasuqi Hubaisy yang menyebut aliran Ahmadiyah dengan nama Al Qodianiyah, selain pengingkaran mereka terhadap keyakinan khatmu al nubuwwah ada banyak hal lain yang menyebabkan aliran ini tidak bisa disebut sebagai aliran Islam. Aliran ini mempunyai "kebijakan" melarang menikah dengan selain anggota Ahmadiyah. Bahkan interaksi dengan orang di luar anggota juga dibatasi. Mereka membentuk komunitas sendiri yang ekslusif. Basyiruddiin Mahmud Ahmad, salah satu penerus dan anak dari pendiri Ahmadiyah terang-terangan mengungkapkan posisinya terhadap muslim non Ahmadiyah. Ia pernah mengatakan bahwa orang-orang muslim adalah musuh terbesarnya dan dia adalah musuh terbesar bagi mereka. Lalu apa yang membuat mereka tetap membawa-bawa nama Islam? Padahal keyakinana mereka bukanlah keyakinan Islam. Bahkan menganggap kaum muslimin sebagai musuh.

Para peneliti meyakini motif pendirian agama baru ini seperti juga munculnya sekte-sekte lain dalam Islam dan agama-agama lain adalah motif kekuasaan dan materi. Dan karena agama baru ini adalah ciptaan manusia dengan motif duniawi, ajaran agama baru ini mengandung banyak kerancuan dan minim orisinalitas. Kekuasaan turun temurun dan tertutupnya manajemen serta pengkultusan terhadap para pemimpinnya semakin menguatkan thesis para pakar tersebut.



Hak asazi

Kekerasan dan bentrokan yang berlatar belakang agama dan kepercayaan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini akibat lemahnya perhatian dan tidak adanya ketegasan serta tindakan dari pemerintah. Benar, bahwa agama dan kepercayaan adalah urusan pribadi. Pemerintah tidak perlu ikut campur dalam urusan internal keagamaan. Wilayah agama berbeda dengan domain negara. Tapi ketertiban dan keamanan rakyat adalah tugas negara. Hak azasi sekelompok kecil orang tidak boleh didahulukan atas hak asazi rakyat yang lebih luas.

Kita juga perlu menyelidiki apakah yang diklaim sebagai hak asazi oleh seseorang adalah benar-benar hak asazi atau bukan. Seseorang mungkin berfikir bahwa buang air di tengah jalan adalah hak asazi dia. Padahal yang dilakukannya mengganggu orang lain. Meskipun menyanyi atau membaca Al Quran adalah hak setiap orang tapi jika dilakukan dengan berteriak-teriak pada malam hari ketika orang lain sedang istirahat bukanlah hak asazi melainkan perbuatan yang mengganggu ketentraman umum. Hak sang pengganggu tersebut harus "dipangkas' demi hak asazi orang lain yang lebih banyak dan lebih benar.

Rakyat sipil dilarang memakai pakaian perwira polisi dan berkeliaran di jalan meskipun dia tidak melakukan kejahatan. Apalagi kalau dia melakukan kejahatan dengan menggunakan pakaian perwira polisi. Para polisi tidak akan rela dan marah. Orang tersebut memang berhak memakai pakaian apapun, tapi para polisi juga punya hak untuk dijaga nama baiknya. Demikian juga perasaan orang-orang Islam ketika ada sekelompok orang memakai nama Islam kemudian melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan Islam. Memakai nama Islam untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan Islam bukanlah hak asazi. Itu penistaan. Fitnah.

Undang-undang penistaan agama sangat tepat digunakan untuk memberantas aliran sesat semacam ini. Jika yang bersangkutan tidak inign disebut melakukan penistaan agama dan tidak mau dianggap mengganggu ketenteraman umum, silakan saja menamakan alirannya dengan nama agama baru. Tidak lagi membawa-bawa nama Islam. Begitu saja kok repot!!!

PS:
Dalam posting berikutnya insya Allah akan saya tulis mengenai sejarah berdirinya Ahmadiyah dan perjalanan agama baru ini.


14 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Ass, wr, wb,
Yang Pasti, agama adalah bukan karya cipta manusia. Saran membuat agama baru, bisa dimaklumi mungkin itu ucapan yg keceletot aja.

Artikel anda menunjukan ketidaktahuan anda terhadap apa sebenarnya yg diyakini oleh kaum ahmadiyah. Tuduhan penistaan pun sangat.. sangat jahat! . Apa yg diyakini kaum ahmadiyah sangatlah sederhana. Anda dan kaum muslimin juga tentu tidak akan mengingkari terhadap keyakinan itu. Keyakinan bahwa Nubuwatan Kemenangan Islam kedua kalinya yg dijanjikan Rasulullah saw. itu akan berada ditangan Nabi Isa as. Silahkan merenungkan kembali ucapan2 Baginda Nabi Muhammad saw. mengenai tanda2/ ciri2 kedatangannya seperti apa. Apakah itu penistaan?? Silahkan dipelajari dg bertabayun/cek dan cek langung kepada literatur2 ahmadiyah seperti apa sebenarnya keyakinan kaum ahmadiya itu..

salam,

11:27 PM  
Anonymous pangapora said...

Nah kan, ada Anonymous yang tersinggung. Ala kulli hal, saya selalu suka gaya satirik, ironik, dan bahkan ng-gelitik dari Om Alex. Dan oleh karena itu, saya tidak perlu ber-Anonymous-ria :P

5:56 AM  
Anonymous Jamal said...

Nah bung Alex, sekarang pertanyaannya adalah: Apakah kepercayaan bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi terakhir merupakan kepercayaan pokok Islam? Rasulullah SAW bersabda bahwa Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa ramdhan, dan naik haji bagi yang mampu. Di hadist yang lain Rasulullah SAW juga bersabda agar kita jangan menyebut kafir kepada mereka yang shalatnya sama seperti beliau, dan makan makanan yang halal.

Adapun mengenai Khataman Nabiyyin, kami pengikut Ahmadiyah juga meyakini bahwa Rasulullah saw adalah khataman nabiyyin berdasarkan surah Al Ahzab ayat 40. Yang berbeda adalah kami menafsirkan khataman nabiyyin sebagai nabi yang paling unggul, paling utama, dan paling sempurna diantara semua nabi-nabi. Pendapat kami ini didukung oleh ayat-ayat Al Quran yang lain, kaidah tata bahasa arab, pendapat sahabat-sahabat Rasulullah saw dan ulama-ulama salaf.

Dengan demikian kami meyakini bahwa tidak akan ada lagi nabi yang akan menghapus kenabian dan syariah beliau karena syariah Al Quran sudah sempurna. Akan tetapi pintu untuk nabi yang berasal dari umat beliau yang akan berpegang pada syariat beliau dan menegakkan agama Islam tetap terbuka sebagaimana disebutkan dalam surah An Nisa ayat 69.

Kami mengamalkan ajaran Al Quran dan sunnah Rasulullah saw dan karenanya kami menyebut diri kami muslim. Kami mengimani kepada rukun iman dan rukun islam dengan sepenuh jiwa kami sehingga sesuai sabda Rasulullah saw tidak boleh ada seorangpun yang menyebut kami kafir.

Mengenai larangan menikah, itu bukanlah suatu hukum dan tidak akan mengakibatkan haramnya pernikahan tersebut. Itu adalah peraturan untuk menegakkan kekokohan jamaah. Karena dasar dari pendidikan dalam Islam adalah keluarga sehingga keluarga yang tidak satu arah dalam pendiriannya bagaimana mungkin akan menghasilkan generasi yang kokoh dalam pendiriannya. Namun sekali lagi ini tidak ada hubungannya dengan halal dan haramnya pernikahan.

Mengenai pendapat Mirza Basyirudin Mahmud Ahmad silakan anda kemukakan sumbernya. Yang jelas dalam buku-buku beliau, beliau mengajak segenap umat Islam untuk bersatu dan menyebut bahwa musuh utama kita sebagai umat Islam adalah dajjal, yakni mereka yang meyakini bahwa tuhan memiliki anak. Tetapi Islam mengajarkan perdamaian sehingga untuk melawan mereka tidak dianjurkan menggunakan kekerasan.

Berkaitan dengan analagi anda menenai polisi, pertanyaannya adalah apakah seseorang yang telah mengikuti pendidikan polisi dan lulus sebagai polisi tidak boleh menggunakan seragamnya karena sekolahnya berbeda? Silakan anda jawab sendiri. Terima kasih

10:22 AM  
Anonymous mawhib said...

Ahmadiyyah memang problematis..sebagaimana dilema yang kita terima saat ujian term kedua semakin mendekat...Bagaimana kabar 8 juz Anda, Om??Saling bertukar doa...Oh ya, alamat saya sudah berpindah ke http://mmawhib.blogspot.com/, Thanks, Om!

1:21 PM  
Anonymous Faisal said...

Pakde...teruskan risetmu dan ttg sejarah Ahmadiyah...aku penasaran. Ditunggu postingan berikutnya...
Sementara ini pandanganku ttg Ahmadiyah masih setuju dengan postingan ini...

Ditambah lagi komentar dari pengunjung yg terkesan melintir ajaran Al-Quran sak karepe dewe.

Boleh aja orang bilang punya dalil2 dari ayat2 Al-Quran, dsb >>>

"Pendapat kami ini didukung oleh ayat-ayat Al Quran yang lain, kaidah tata bahasa arab, pendapat sahabat-sahabat Rasulullah saw dan ulama-ulama salaf."

Selama cuma bahan omongan saja, dari segi ilmiah jelas tertolak, wong emang masih ngomong doang..."kami punya dalil ini itu..." tanpa menyebutkan rujukan yang jelas arahnya. Beberapa komentar pengunjung sebelum ini isinya kan cuma retorika dan putar lidah.

Misalnya dia merujuk ke ayat Surat An-Nisa: 69 >>>
"Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."

Apalagi kalo merujuk ke Al-Ahzab:40 tambah gak relevan Bung!

Seharusnya kalo ngaku mengikuti Allah dan Rasul-Nya ya enggak berbeda dong dengan yg disebut dalam kitab-Nya.
Sudah jelas kan disebutkan di Al-Ahzab : 40, bahwa Muhammad SAW adalah "Khotaman Nabiyyin" = "Penutup Nabi-nabi". Sejak kapan kata 'khotaman' berubah artinya menjadi yang paling unggul, paling sempurna atau paling utama?
Kalo Mirza Ghulam Ahmad dianggap termasuk Shiddiqin, mungkin -masih MUNGKIN, belum tentu- mengandung kebenaran. Tapi dianggap Nabi? Tunggu dulu, dari dulu kan emang banyak yang ngaku Nabi setelah Muhammad SAW, tapi semuanya PALSU.


Wallahu A'lam

Best regard,

2:48 AM  
Anonymous Anonymous said...

ahmadiyah bukan islam tp agama baru mungkin aku org yg msh banyak dosa tp aku tidak pernah mengotak-atik ajran islam yg benar.

7:52 AM  
Blogger tyka said...

saya setuju sama penulis. ahmadiyah itu penistaan terhadap agama yg sudah ada.

9:38 PM  
Anonymous アリシャリーフ 特別 said...

Ustad Alex,
Akan sulit kita mengukur keyakinan orang lain di ukur dari keyakinan diri kita sendiri. Tidak ada titik temunya. Biarlah mereka berkembang dengan secara alami. Yang penting saat ini mari kita berfastabiqul khairat/berlomba lomba dalam kebaikan.

Melarang atau membuat fatwa sesat atau menyesatkan atas keyakinan seseorang, bukanlah domain negara, MUI atau FPI.

Salam
アリシャリーフ 特別

8:33 AM  
Blogger DimasRangga said...

Ahmadiyah dalam sejarahnya adalah rekayasa bentukan para penjajah Yahudi Inggris diIndia.

Lalu apa untungnya? Banyak sekali tentu untungnya bagi mereka.

salah satunya adalah larangan ber-JIHAD oleh Mirza Ghulam Ahmad. Lalu artinya apa? Lah jika sudah dilarang berjihad kan otomatis kan tidak ada perlawanan. Jika ada perlawanan tentulah bisa melanggengkan penjajah Inggris ditanah India dengan nyaman dan aman.

Tujuan para KAFIR biadab ini sederhana saja jauhkan umat islam dari keislamannya.

Buat mereka takut dengan bayangannya sendiri.

Jauhkan mereka dari ajaran nabi Muhammad (ASSUNNAH) dan ALQURAN (Hukum ALLAH).

Jika sudah demikian ketakutan mereka akan kejayaan islam dimasa lalu sirna sudah.

Kejayaan islam selama 800 tahun diandalusia/Spanyol, kejayaan kekhilafahan ottomans TURKI, dll

Jadi sebagai umat muslim jangan mau dibodohi, dipecundangi oleh isi otak jahat mereka.

jadi jelas jangan mau diracuni dengan menggunakan filsafat HEREUNETIKA (seperti JIL, SEPILIS, dll) utk menafsirkan ayat-ayat ALQURAN kita kan bukan umat bodoh dan dungu.

Thanks

6:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

Sebenarnya perbedaan Pokok antara Umat Islam non-ahmadiyah dan ahmadiyah bukanlah pada masalah Khatamannabiyyin atau tidak ada lagi nabi setelah Muhamad saw.

Ahmadiyah, Sunni, Syiah dan firqah islam lainnya (kecuali sebagian kecil) sama-sama percaya bahwa ada nabi lagi setelah Muhamad saw yang akan datang yaitu Nabi Isa as.

Bedanya Ahmadiyah bilang Isa as yang dulu sudah wafat jadi kedatangannya setelah Muhamad saw harus ditakwilkan.

Sedangkan Sunni dan Syiah percaya Isa as masih hidup di langit dan nanti bakal turun lagi.

Kalau diperhatikan sebenarnya pandangan Sunni dan Syiah lebih konyol lagi dan menimbulkan pertanyaan besar dan masalah yang jauh lebih besar di kemudian hari. Bagaimanakah Isa as yang usianya sudah lebih dari 2000 tahun masih hidup dan nanti turun ke bumi kemudian orang-orang menyaksikannya akan beriman kepadanya? Sungguh suatu keyakinan yang lebih mengarah pada khayalan.

So jika anda memang berbeda dalam menafsirkan tentang kedatangan Isa as dari ahmadiyah tidak usah memaksakan orang lain untuk keluar dari islam memakai UU/Peraturan Pemerintah.

Sebut saja mereka kaum ahmadi, untuk membedakannya dengan firkah-firkah yang ada dalam islam seperti Syiah, Wahaby, Salafy, Ikhwani ataupun Druz.

Anda mau bilang ahmadiyah bukan islam itu hak anda, tetapi memberangus dengan paksaan Peraturan hukum hak orang ahmadi mengaku muslim tentunya tidak pantas. Toh dengan claim ahmadi saja mereka sudah dapat dikenali perbedaannya dengan kaum muslim dari firkah yang lain.

4:20 AM  
Blogger edhie said...

"Sesungguhnya orang orang yang memecah belah agamanya dan mereka terpecah menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanya lah terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.QS.6:159.

Apa kapasitas anda mengatakan Ahmadiyah bukan islam, Allah sendiri sudah memperingatkan Rasulullah dengan terang di ayat tersebut.

Salah satu doktrin dari ajaran sunnah wal jamaah adalah "Percaya akan kedatangan Isa & Imam Mahdi di akhir jaman" dan Isa Ibnu maryam tersebut adalah sorang "Nabi" ini artinya ada nabi setelah nabi Muhammad saw. Anda menginkari ini..?
Bedanya dengan ahmadiyah salah satunya adalah bahwa kami, ahmadi telah mengakui bahwa Nabi Isa yang sudah di janjikan tersebut telah turun dia lah Hazrat Mairza Ghulam Ahmad a.s.

Salam

9:14 AM  
Blogger NASTAIN NASACOM said...

Untuk AHMADIYAH: bacalah tadzkiroh lebih teliti apakah isinya bisa disebut "wahyu/firman" tuhan bandingkan dengan Qur'an. 1.Tinjaulah dari sisi science modern, apakah isinya sesuai science karena sampai saat ini hanya alQur'an yang selaras dengan perkembangan science..
2.Ingat2: Gulam=Isa??? kajilah hadits MUhammad SAW mengenai Isa akhir di akhir zaman.
3.ingatlah hari2 terakhir gulam akan mati, masa nabi sakit spt itu???

thank;;;; artikel diatas sangat bagus, terus berkarya!!!

5:59 AM  
Anonymous Anonymous said...

sudah diriwayatkan dalam alqur'an, cuma ane lupa surat apa ayat ke berapa "kelak akan banyak bermunculan agama yg menyerupai, mengaku2 islam, jumlahnya ribuan tetapi hanya ada 1 (satu) agama islam yang benar"

10:02 AM  
Blogger Othman Draman said...


Besnis produk kesihatan myherb2u
Goji, tricajus, susu kambing, mlm call +60192311900
http://www.healthbuilders.com.my/
othmandraman@yahoo.com
http://othmandraman.blogspot.com/?m=1
http://www.dnaglobal2u.com/
http://www.iphytoscience.com/
http://www.drtina.mynucerity.biz/indexi.php
https://www.google.com/#fp=eccba6f7b5b00530&q=myherb2u
https://www.google.com/search?q=myherb2u&filter=0&bav=on.2%2Cor.r_cp.r_qf.&bvm=bv.50952593%2Cd.bmk%2Cpv.xjs.s.en_US.epv7Gxs5zsU.O&biw=1366&bih=667&um=1&ie=UTF-8&hl=en&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=JrwTUt6VB4K4rAeI-YHQDA
Kedai P01 pasar majlis sek16 shah alam, selangor, malaysia
Rakan niaga/penyewa/pekerja diperlukan
Kursus motivasi besnis disediakan
Stokis/pegedar diperlukan
Pakej melancong Kelantan/Selatan Thailand disediakan
Rumah dijual diSubang Suria,Shah Alam
Kelas mengaji Al Quran disediakan
Welcome to Health Builders (M) Sdn.
www.healthbuilders.com.my
Syarikat jualan langsung unggul yang membawa kepada anda satu kerjaya … untuk terus berjaya. Nikmatilah kehebatan rangkaian produk dan keistimewaan pelan pemasaran kami untuk kehidupan yang lebih bermakna.

10:17 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Site Meter