<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d28922767\x26blogName\x3dOrang+Indonesia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLACK\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://yamadhipati.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://yamadhipati.blogspot.com/\x26vt\x3d-7363143692875508944', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Saturday, October 21, 2006

Snapshot

Lama sekali sejak saya buat blog ini, tak pernah lagi saya urusi. Sampai-sampai lupa password-nya. Insha Allah saya akan sering posting sekarang.

Sejak datang dari Indonesia kemarin saya lebih banyak berada di rumah saja.
Kadang-kadang keluar belajar photography. Benar-benar amatir yang masih belajar. Beberapa waktu lalu saya ke daerah tahrir di pusat kota Cairo belajar jepret night scene pakai camera non SLR.

Ternyata Canon powershot s1 IS banyak feature yang mendukung untuk hal ini. Sayang banget lom sempat beli tripod. Duit masih cekak. Ada yang lebih perlu dibeli di awal musim dingin kaya gini yakni; selimut.

Padahal saya pakai jurus yang sangat sensitif terhadap shaking, saya tidak pakai night shoot feature - yang memang sudah sensitif terhadap goyangan - tapi pakai slow shutter dengan f mode nya saya taruh di f/2.8 dengan ISO 50. Meskipun pakai ISO 100 lebih bisa menyerap lebih banyak cahaya. Memang betul demikian, tapi saya takut nanti noise, akhirnya pakai ISO 50 saja. Yang jelas, ketiadaan tripod itu ya berakibat pada kualitas foto yang kurang memuaskan. Tapi kalo pake tripod ya gak bakalan dikasih judul snapshot hehehe.



Menurut para ahli, jepret dengan slow shutter ataupun night shoot itu wajib/fardhu 'ain hukumnya menggunakan tripod. Bahkan, dengan adanya tripod pun kita masih harus pakai self timer biar bener-bener terjamin bebas goncangan.

Wah kurang beberapa menit maghrib nih, Bukaaaaaaa!!!



1 Comments:

Blogger Faisal Zulkarnaen said...

Ramses...kapan ganti DSLR? nah cepetan ganti..nanti Canon Powershot S1 IS-nya dijual sama saya murah-murah...100 cap kepala botak (baca seratus dolar) nego...huehehe becanda aja kok cuma memberi kesempatan berbuat amal, kali aja dikabulkan ~amin..amin~ :P.
Eh huntingnya cakep Lex, coba sekali2 malam naik ke atas tower trus shutter speednya slow banget ke jembatan enem oktober, kayaknya cakep. tapi yang ini wajib tripod...dadah

8:36 AM  

Post a Comment

<< Home

Site Meter